Selasa, 13 Mei 2008

UJIAN TUHAN

Setiap manusia pasti menerima ujian. Kedatangan ujian itu bisa kapan saja hadir dalam kehidupan kita. Bentuk dan macamnya ujian itu bisa sangat bervariasi. Bisa saja ujian dalam hal rezeki, bisa juga ujian itu dalam hal jodoh, dalam pekerjaan, orang tua, istri, anak, suami dan masih banyak macamnya. Semuanya dikembalikan kepada manusia bagaimana harus menyikapinya. Ada yang stres menghadapi ujian. Ada pula yang kemudian berserah diri kepada Allah SWT sambil meyakini bahwa semuanya datang dari Allah dan akan kembali kepadaNya.
Lari kemanapun kita, pasti akan menemui ujian itu. Itulah hidup. Bukan hidup kalau tidak ada ujian. Dengan ujian, kita bisa mengerahkan segala kemampuan dan potensi diri kita dalam hal menyelesaikan soal-soal ujian yang diberikan kepada kita. Tetapi, ujian kehidupan tidaklah linear seperti ujian di bangku sekolah.
Tidak semua orang bisa mengambil pelajaran dari ujian yang diberikan kepadanya. Namun, disetiap ujian pasti tersimpan hikmah. Hal inilah yang mahal harganya.
Maka kembalilah kepada Allah SWT, sebagai Penggenggam Ujian ......Dia-lah yang memberi ujian sekaligus Dia juga yang mempunyai jawaban atas ujian-ujian terhadap kita. Allah Maha Pemberi solusi. Tergantung kita mau bermunajat untuk memohon petunjuk atau tidak.
Allah Maha Penyayang kepada hamba-hambaNya.
Allah tidak akan memberikan beban melebihi kemampuan hambaNya.
Dan Allah lebih tahu diri kita daripada kita sendiri.
Jika kita diberi ujian, maka bersabarlah. Dibalik kesulitan selalu ada kemudahan.
Setiap kesulitan diapit oleh dua kemudahan.
Jadi jangan berputus asa atas rahmat Tuhan.

1 komentar:

Antown mengatakan...

nggak nyangka bisa masuk ke blognya orang sidoarjo juga. gimana kabar mas? ayo diupdate lagi tulisannya.
Saya sedang mengkampanyekan kebangkitan sidoarjo.
Silakan mampir ke blog saya di "Bismillahirrahmanirrahim untuk Sidoarjo".
Makasih
salam kenal